BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) — Pada 2019, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) berencana membuka program Pascasarjana (S2) Magister Terapan Ketahanan Pangan. Saat ini usulan pembukaan sedang dalam proses di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sekretaris Task Force Pembentukan Magister Terapan Polinela, Oktaf Rina, kepada lampost.co, Sabtu (17/11/2018) mengatakan membuka program S2 di Polinela guna memberikan akses pendidikan lebih tinggi kepada masyarakat luas khususnya di bidang pertanian.

Magister Terapan Ketahanan Pangan yang akan dibuka di Polinela, menurut dia, merupakan satu-satunya program studi dimiliki perguruan tinggi di Lampung.
Ia berharap, pembukaan program studi tersebut nantinya mendapat dukungan dari semua pihak.

“Insya Allah tahun depan Polinela memiliki program pendidikan S2 yakni Magister Terapan Ketahanan Pangan. Saat ini sedang dalam proses penyusunan kurikulumnya,” ujar dia pada kegiatan program pengembangan penyusunan dokumen kurikulum magister terapan, di gedung A kampus setempat, Sabtu (17/11/2018).

Dia mengatakan, proses perizinan pembukaan program Magister Terapan Ketahanan Pangan sedang di proses di Kemenristek Dikti. Untuk mendukung program tersebut, pihaknya akan menggandeng pemangku kepentingan di Lampung.

“Sebelum membuka Magister Terapan, Polinela akan mengundang pemangku kepentingan untuk meminta dukungan serta memperoleh masukan apa saja yang dibutuhkan. Ini akan menguatkan usulan kami,” ujar dia.

Untuk mendukung pembukaan program Magister Terapan, menurut Oktaf, Polinela telah menyediakan sarana prasana memadai serta telah memiliki 14 dosen berpendidikan S3 atau bergelar Doktor. Hal tersebut menurutnya telah memenuhi persyaratan pembukaan program Magister Terapan.

“Syarat membuka program S2 minimal harus mempunyai lima dosen bergelar Doktor. Saat ini kebutuhan itu telah melebihinya. Belum lagi ada 11 dosen yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2 baik di luar maupun di dalam negeri,” kata Oktaf.

Langkah awal pembukaan Magister Terapan Ketahanan Pangan, menurutnya Polinela akan menerima 20 mahasiswa baru. “Jumlah mahasiswa yang akan diterima untuk satu kelas dulu yakni 20 orang. Jumlah itu menyesuaikan rasio antara dosen dan mahasiswa,” ujarnya.

Yusmart DS

Sumber berita : https://www.lampost.co/berita-polinela-akan-buka-program-magister-terapan-ketahanan-pangan.html

Polinela akan Buka Program Magister Terapan Ketahanan Pangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× How can I help you?