flyer

KULIAH DOSEN PRAKTISI PROGRAM STUDI MAGISTER TERPAN (S2) KETAHANAN PANGAN SEMESTER GANJIL 2021-2022

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Sabtu  tanggal 18 Desember tahun 2021 Program Studi Magister Terapan (S2) Ketahanan Pangan (MTKP) Politeknik Negeri Lampung melakukan Kegiatan Kuliah Dosen Praktisi yang menghadirkan narasumber praktisi keilmuan Pertanian Berkelanjutan, Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, serta tenaga ahli dari Balai Karantina Pertanian.  Kuliah dosen praktisi ini merupakan kegiatan rutin pembelajaran teori  yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi MTKP satu kali tiap  semester.

Kuliah dosen praktisi dilaksanakan secara hybrid di kampus Polinela dan melalui link zoom meeting.  Narasumber yang hadir yaitu Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc., Prof. Muhajir Utomo, M.Sc., Ph.D., dan Ir. Sukmawarni, M.M.  Materi yang disampaikan oleh Prof. Bustanul  Arifin, M.Sc. adalah Regulasi sistem Pangan:  RIA (Regulatory Impact Analysis) yaitu sebuah alat analisis untuk mengkaji permasalahan dan kebutuhan akan regulasi, analisis manfaat – biaya, serta mempertimbangkan berbagai alternatif solusi.

Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc.
Penyampaian materi oleh Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc.

Prof. Muhajir Utomo, M.Sc., Ph.D. menyampai materi tentang Sustainable Agriculture, yang berisi tentang dampak dari modern agriculture dan green revolution, climate change due to global warming sehingga dibutuhkan praktik pertanian berkelanjutan.  Ir. Sukmawarni, M.M. menyampaikan materi tentang Sertifikasi dan Registrasi keamanan pangan dan mutu pangan segar asal tumbuhan.  Penjaminan keamanan pangan segar khususnya untuk pangan segar asal tumbuhan dilakukan melalui 2 pola pengawasan yaitu pre market dan post market.

Prof. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc., Ph.D.
Materi tentang Sustainable AgricultureProf. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc., Ph.D.
Ir. Sukmawarni, M.M.
Ir. Sukmawarni, M.M.

Kuliah dosen praktisi diikuti seluruh mahasiswa Semester 1 yang berjumlah 10 orang dan seluruh mahasiswa Semester 3 yang berjumlah 19 orang.  Pada kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh dosen pengampu pada program Studi Magister Terapan (S2) Ketahanan Pangan baik secara luring maupun daring.  Kegiatan dosen tamu praktisi diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan khasanah wawasan keilmuan terapan ketahanan pangan dari praktisi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %