Roadshow Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela

Roadshow Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela

0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second

Pada tanggal  1– 9 April  2021, Program Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan Politeknik Negeri Lampung mengadakan kunjungan ke beberapa Pemda di Provinsi Lampung.  Kunjungan dimaksudkan untuk pengenalan dan penjajagan kerjasama (MoU) dalam pendidikan bagi PNS dan PPL di lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan baik di tingkat Pemerintah provinsi maupun kabupaten.  Kunjungan tahap pertama ini dilakukan di Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat.

Kunjungan tahap pertama ini dilakukan di Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat.
Kunjungan tahap pertama ini dilakukan di Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat.

Kunjungan tim Promosi Pascasarjana MTKP Polinela terdiri dari Ketua Pengelola dan Sekretaris Pascasarjana MTKP Dr. Irmayani Noer dan Dr. Henry Kurniawan, Kepala Unit Kerjasama Polinela Ir. Zainal Mutaqin, M.T.A, serta Tim Promosi MTKP Polinela yang diketuai oleh Anung Wahyudi, Ph.D., Sekretaris Dr. Ni Siluh Putu Nuryanti dan Dr. Yana Sukaryana.  Tim Promosi MTKP diterima dengan sangat baik oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu Siti Litawati, S.P., Kabupaten Tanggamus oleh Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Dian Hidayat, S.P., M.M. beliau merupakan Alumni Polinela.  Di Kabupaten Tulang Bawang  diterima oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikulutura Ir. Sumarno, M.P., dan di Kabupaten Tulang Bawang Barat diterima Kepala Dinas Syamsul Komar, M.M. yang diwakili oleh oleh Koordinator Penyuluh BPP Tumijajar Samsodin, A.Md.

Kunjungan tahap pertama ini dilakukan di Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat.
TIM Promosi MTKP Polinela dan Ketua Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikulutura Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat.

Antusiasme peserta sosialisasi dan pengenalan Program Studi Magister Terapan Ketahanan Pangan (MTKP) Polinela di beberapa pemda tersebut sangat tinggi.  Minat dan motivasi PNS baik ASN maupun PPL  untuk melanjutkan pendidikan sangat tinggi, terbukti dari 20 orang yang hadir sebagai perwakilan dari PPL dan Kepala seksi di lingkungan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kabupaten Tulang Bawang, beberapa orang sudah melakukan registrasi pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru MTKP Polinela.

 

Program Studi MTKP Polinela cukup strategis untuk mendukung program pemerintah daerah di Provinsi Lampung sebagai daerah lumbung pangan nasional.  Salah satu profil lulusan MTKP adalah sebagai analis kebijakan ketahanan pangan.  Profil ini dijabarkan dalam beberapa mata kuliah terapan yang membekali lulusan untuk memiliki kemampuan dalam menganalisis situasi dan permasalahan ketahanan pangan sehingga dapat menjadi problem solving dalam mengatasi berbagai masalah ketahanan pangan.  Aspek Ketahanan Pangan yang tercermin dalam kurikulum terkonsentrasi pada 3 pilar yaitu:  Aspek Produksi; Aspek Stok dan Distribusi; Aspek Keanekaragaman Pangan dan Aspek Keamanan Pangan (food safety).

 

Program Studi MTKP Polinela telah memasuki tahun kedua penyelenggaraan kegiatan akademik, mahasiswa angkatan pertama saat ini sedang menempuh Semester 3.   Tahun akademik 2020/2021 ini Program Studi MTKP Polinela akan membuka penerimaan mahasiswa baru mulai bulan April sampai dengan Agustus 2021.  Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 145/M/2020 tanggal 14 Februari 2020, Program Studi MTKP POlinela.  Perkuliahan teori dilaksanakan secara daring baik sinkronus menggunakan LMS Polinela dan Asinkronus menggunakan Zoom meeting.

 

Praktikum dilaksanakan secara luring di laboratorium dan kebun praktik Polinela pada hari Sabtu untuk menghindari kerumunan.  Hal ini dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan dapat terlaksana sesuai dengan marwah pendidikan vokasi, dimana keterampilan memiliki proporsi yang lebih tinggi daripada teori dengan perbandingan 70%:30% antara kulliah dan praktik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %