Kuliah Praktisi “Ketahanan Pangan Berkelanjutan”

1 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

Pascasarjana_News. Tutup tahun 2022, Program Studi Magister Terapan (S2) Ketahanan Pangan (MTKP) Politeknik Negeri Lampung Kembali mengadakan Kuliah Praktisi dengan tema “Ketahanan Pangan Berkelanjutan”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Sri Yusnaini, M.Sc, Profesor di Universitas Lampung dan Fakultas Pertanian Unila dan Ir. Bani Ispriyanto, M.M, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung. Sabtu 24 Desember 2022, dan dibuka langsung oleh Direktur Polinela, Dr. Ir. Sarono, M.Si.

Mahasiswa Angkatan 3, Syahdila sebagai MC acara dari awal hingga akhir. Dalam kegiatan kuliah praktisi ini terdapat pemaparan dan tanya jawab yang menarik serta menambah wawasan yang membuka pikiran mengenai gambaran karir pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

Materi pertama di sampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Sri Yusnaini, M.Sc yang dipandu oleh moderator Dr. Ir. Ni Siluh Putu Nuryanti, M.P.dengan materi Pertanian tanpa olah tanah sebagai solusi sistem pertanian berkelanjutan.Beliau menyampaikan “coservation tillage : less land surface manipulation, less erosion, and more organic matter addion yang akan menghasilkan sustainable agriculture system. Sistem pertanian berkelanjutan adalah pertanian yang seimbang antara ekosistem, ekonomi, lingkungan dan manusia yang berkelanjutan untuk saat ini dan yang akan datang.

Materi terakhir di pandu oleh Dr. Ir. Nurbani Kalsum, M.Si.dengan narasumber Ir. Bani Ispriyanto, dengan materi Regulasi dan distribusi produk pangan untuk ketahanan pangan daerah. Beliau menyampaikan Upaya Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Strategis dilakukan oleh Provinsi Lampung dengan Pemantauan dan pembangunan  database pasokan dan harga  pangan, Penerbitan Regulasi untuk  menjaga stabilitasi harga pangan, dan Program Kegiatan Mobilisasi  Komoditas Pangan dari Daerah  Surplus (produsen) ke Minus  (konsumen). Regulasi Cadangan Pangan diperkuat dengan Peraturan Preside No. 125 Tahun 2022, Peraturan Gubernur Nomor 39 Tahun 2021, Perda  Prov. Lampung Nomor 7 Tahun 2017, Peraturan Gubernur Nomor 71 Tahun 2017.
 

Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta. Kuliah Praktisi diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan khasanah wawasan keilmuan terapan ketahanan pangan dari praktisi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %