Mahasiswa MTKP tutup tahun kunjungi Kelompok Tani Melenial

1 0
Read Time:2 Minute, 2 Second

MTKP (Desember, 2022). Program Studi Magister Terapan (S2) Ketahanan Pangan, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menyelenggarakan kegiatan Field Trip ke Kandang Kelompok tani Taruna tani TUNAS TANI Margo Rejo Kec. Tigeneneng Kabupaten Pesawaran (05 Desember 2022). kegiatan ini berkaiatan dengan mata kuliah Pembanguna Pertanian Berkelanjutan, Manajemen Bisnis Pangan dan Pengembangan Sumber Daya Pangan Lokal.

Peserta dari kegiatan ini terdiri dari 16 orang mahasiswa semester 1 dan 4 orang mahasiswa semester 3. Field Trip kali ini didampingi oleh 5 Dosen; Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si., Dr. Henry Kurniawan, S.Si., M.Stat., Dr. Ir. Yana Sukaryana, M.P., Dr. Ir. Ratna Dewi, M.P., dan Dr. Chandra Utami Wirawati, S.T.P., M.Si.

Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si., selaku Penanggung Jawab kegiatan sekaligus Ketua Program Studi Magister Terapan Ketahanan Pangan (MTKP) mejelaskan tujuan “kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan serta melihat aktifitas dan perkembangan yang terkait dalam bidang Ketahanan Pangan, menumbuhkan kemampuan berpikir dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu keterampilan yang diperoleh di perkuliahan, mengamati dan membandingkan hal-hal yang mengarah kepada keprofesian bidang studi atau berhubungan dengan disiplin ilmu, serta menumbuhkan motivasi berwirausaha pengusaha  mahasiswa di bidang Keatahanan Pangan”.

Fieldtrip atau Praktik Lapang  merupakan strategi memperkuat pemahaman teoritis dan praktis bagi. Dengan mengunjungi langsung lokasi yang berhubungan dengan materi pelajaran, diharapkan peserta didik lebih paham dan mendapatkan gambaran secara nyata tentang materi yang sedang dipelajari. Hal ini bukan sekedar rekreasi, melainkan untuk belajar dengan melihat kenyataan secara langsung. Kegiatan pembelajaran seperti ini termasuk cara mencerdaskan, mendewasakan, dan membebaskan mahasiswa dalam Learning to thinkLearning by expirience, Learning to care, dan Learning to live together”, jelas Henry Kurniawan, S.Si., M.Stat., selaku ketua pelaksana kegiatan ini.

Mahasiswa sampai di lokasi tujuan langsung disambut oleh Haryadi selaku ketua tunas Tani, Agus Suryanto (bendahara), dan Siswanto (sekertaris). Kelompok tani yang dikenal dengan Kelompok tani melenial ini sudah menerapkan Integrated farming system dan merupakan UMKM andalan pemerintah daerah setempat dan sudah meraih banyak prestasi dan telah melaksanakan proses manajemen, produksi, dan pemasaran dengan baik. Kelompok tani melenial ini sudah memiliki pemasaran secara digital dengan menggunakan biolink.

Disini mahasiswa materi success story langsung dari Haryadi dan berkesempatan melakukan diskusi dan melihat proses produksi kegiatan yang dilakukan di kelompok tani ini. Adi Setiawan menjelakan tentang hortikultura, Giyanto mengajak ke peternakan kambing, Feriyadi memaparkan cara pengelolaan tanaman pangan, Eko prasetio menerangkan tentang cara pengelolaan ikan nila. Semua kegiatan yang dilaksankan di kelompok tani melenial di dampingi Dwi istiati selaku PPL daerah setempat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %