Link and Match DUDIKA dan Perguruan Tinggi Kegiatan Kuliah Praktisi Program Magister Terapan Ketahanan Pangan Proses Logistik Dan Karantina Pangan

6 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

Link and match antara pendidikan vokasi dan dunia usaha, industri, dan dunia kerja dapat terjadi dalam beberapa kegiatan, pertama melalui rancangan kurikulum bersama dan selalu disinkronisasi dalam beberapa periode (satu atau dua tahun).  Kedua, kegiatan kuliah dosen tamu dari pihak DUDIKA.  Ketiga, kegiatan fieldtrip/kunjungan/magang kepada mahasiswa dan dosen yang dirancang secara bersama, minimal satu kali tiap semester.   Keempat adalah sertifikasi kompetensi baik untuk lulusan maupun dosen.  Kelima adalah keterserapan lulusan pada DUDIKA.  Paket link and match DUDIKA pada Program Studi S2 Ketahanan Pangan  Magister Terapan Polinela telah dilaksanakan dan dirancang sejak awal pendirian Prodi di Tahun 2020.  Proses pembelajaran dalam kurikulum dilaksanakan selama 16 (enam belas) minggu yang terdiri atas 15 minggu pembelajaran di kampus dan satu kali pembelajaran (kuliah dosen tamu praktisi) dan satu kali fieldtrip/ kunjungan industri.

Kegiatan kuliah dosen tamu (praktisi) Semester Genap TA 2022-2023 pada Prodi S2 Ketahanan Pangan Program Pascasarjana Magister Terapan Polinela dilaksanakan hari Sabtu tanggal 15 Juli 2023 bertempat di Ruang sidang utama Polinela.  Praktisi yang hadir kali ini adalah Erika Sudarto, S.E., M.Sc., RTA, CTA praktisi di bidang logistik  dan kepelabuhan dengan posisi jabatan DGM Operasi Cabang Pelabuhan Panjang PT Pelayaran Indonesia. Erika Sudarto, S.E., M.Sc. menyampaikan materi tentang proses logistik produk pangan dan non pangan baik domestik maupun ekspor dengan moderator Dr. Henry Kurniawan, S.Si., M.Stat.

Penyampaian Materi oleh Erika Sudarto, S.E., M.Sc

Praktisi  kedua adalah Dr. drh. Melani Wahyu Adiningsih, M.Si., adalah praktisi di bidang karantina hewan dengan posisi pekerjaan sebagai Sub Koordinator Katantina Hewan Balai Karantina Pertanian Cilegon. Dr. drh. Melani Wahyu Adiningsih, M.Si. menyampaikan materi tentang Peranan Karantina dalam Upaya Menjamin Pangan Asal Hewan. Penyampaian materi dilakukan secara daring menggunakan zoom meeting (ID Rapat: 961 7707 7602 Passcode: 221781) dengan moderator Dr. drh Dwi Desmiyeni Putri, M.Si.

Penyampaian materi Narasumber Dr. drh. Melani Wahyu Adningsih, M.Si.

Dalam sambutan Direktur yang disampaikan oleh Wakil Direktur 2 Polinela Dr. Ir. Beni Hidayat, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan kuliah praktisi di Polinela semakin giat dilaksanakan sejak diterapkannya kurikulum MBKM dan kebijakan link and match Perguruan Tinggi dengan Industri.  Selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari dosen pengajar di kampus mahasiswa diharapkan mendapatkan wawasan yng lebih luas dalam penerapan ilmu pada industri (DUDIKA).

Kuliah praktisi dengan topik Proses Logistik dan Karantina sebagai Prosedur untuk Jaminan  dan Ketersediaan Pangan, diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Prodi S2 Ketahanan Pangan Angkatan 2021 dan 2022 berjumlah 24 mahasiswa dan seluruh dosen Prodi S2 Ketahanan Pangan.  Mahsiswa terlihat antusias mengikuti perkuliahan dosen praktisi, terlihat dari benyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam diskusi.  Materi pertama dan kedua saling terkait dalam upaya menjamin keamanan perpindahan produk pangan (pangan segar maupun  olahan), baik dalam perdagangan domestik maupun internasional.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %