Mahasiswa Megister Terapan Ketahanan Pangan Polinela Field Trip ke Terminal Peti Kemas PT Pelindo II

3 0
Read Time:1 Minute, 5 Second

Kegiatan Kunjungan Lapang atau Field Trip mahasiswa Prodi Magister Terapan Ketahanan Pangan Program Pascasarjana Polinela dilaksanakan pada hari Senin tanggal 7 Agustus 2023.  Field Trip diikuti oleh 24 mahasiswa dan 2 dosen pendamping, dan diterima oleh  Manager Komersial PT Pelabuhan Indonesia II di Gedung Akhlak lantai 2 PT Pelabuhan Indonesia II Panjang.  Field Trip dilaksanakan untuk mengamati proses dan prosedur logistik dan keamanan pangan di Pelabuhan.

Manajer Komersial Miftah Fajrisal dalam sambutannya menyatakan bahwa Pelabuhan Indonesia II menjadi gerbang perdagangan Indonesia (ekspor dan impor). PT Pelindo mengelola proses logistik pangan untuk menjamin ketersediaan pangan nasional.  Kunjungan lapang ini diharapkan dapat memberikan gambaran proses logistik, keamanan pangan, dan proses distribusi dalam menunjang pembelajaran di MTKP.

Kunjungan Lapang di Terminal Curah Kering

Sesi kedua yaitu kunjungan lapang menuju terminal curah kering, salah satu kegiatan di terminal kering yaitu bongkar muat dan proses pengiriman bungkil dan batubara. Selanjutnya kunjungan lapang dilanjutkan di terminal petikemas. Dermaga peti kemas menyediakan jasa dermaga untuk bertambat; pengisian bahan bakar dan pelayanan air bersih; jasa dermaga untuk pelaksanaan kegiatan bongkar muat barang dan peti kemas; jasa gudang dan tempat penimbunan barang, alat bongkar muat, serta peralatan pelabuhan; jasa terminal petikemas, curah air, curah kering, dan Ro-ro; jasa bongkar muat barang; serta pusat distribusi dan konsolidasi barang.

Kunjungan Lapang di Terminal Peti Kemas
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %