Sosialisasi Renstra dan Kurikulum Program Studi Pascasarjana Politeknik Negeri Lampung

1 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

Polinela, Selasa (08/08/2023). Sosialisasi renstra dan kurikulum program Pascasarjana Polinela merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mensosialisasikan perencanaan strategis unit Pascasarjana Polinela dan kurikulum Program Studi Magister Terapan Ketahanan Pangan dan kurikulum Program Studi Magister Terapan Managemen Agribisnis kepada seluruh dosen pengajar pad Program Pascasarjana Polinela. Kegiatan sosialisasi diselenggarakan pada hari Selasa, 08 Agustus 2023 pukul 08.30 sampai 15.30 WIB, di ruang sidang utama Perpustakaan Polinela. 

Ketua panitia pelaksanan Dr. Chandra Utami Wirawati, S. Tp., M.Si dalam laporannya menyebutkan bahwa pengembangan program Pascasarjana di Polinela. Saat ini, Pascasarjana Polinela memiliki satu Program Studi Magister Terapan Ketahanan Pangan (MTKP), dan sedang dalam proses penyusunan naskah akademik pengusulan Program Studi Magister Terapan Manajemen Agribisnis (MTMA).  Pembentukan unit pascasarjana setingkat jurusan dapat dilakukan apabila memiliki minimal 2 (dua) program studi.   Kegiatan sosialisasi Rensgtras Pascasarajana Polinela dan Kurikulum program studi MTKP dan MTMA hari ini diharapkan dapat menjadi akselerasi percepatan pembentukan Program Pascasarjana Polinela sebagai unit kerja definitif.

Direktur Polinela Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si. dalam sambutannya mendukung penuh rencana pembentukan unit Pascasarjana Polinela sebagai salah satu wujud implementasi pengembangan institusi sebagaimana tertuang dalam RPJP Polinela Tahun 2020-2045.  Besar kecilnya kualitas institusi tercermin dari sumber daya manusianya, dan pergerakan suatu organisasi ditentukan oleh sumberdaya manusia dalam organisasinya.  Setiap unit definitf setingkat jurusan di Polinela hendaknya memperhatikan tujuan institusi yaitu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, terampil, disiplin, mandiri dan kompetitif.

Lebih lanjut Prof. Sarono menyatakan bahwa bahwa Renstra merupakan perencanaan jangka menengah yang disusun sebagai arah pergerakan organisasi minimal dalam jangka waktu 5 (lima) tahun.  Renstra ini nantinya akan direalisasikan dalam rencana operasional tahunan unit.  Apabila setiap unit dalam organisasi telah memiliki perencanaan pengembangan di masa mendatang maka tujuan organisasi (Polinela) akan dapat terwujud.

Selanjutnya kegiatan sosialisasi renstra dan kulikulum dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap: yaitu tahap pertama pemaparan draf visi misi dan tujuan program Pascasarjanan Polinela oleh Ketua Pengelola Pascasarjana Magister Terapan Polinela Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si. Tahap kedua pemaparan kurikulum prodi MTKP oleh Dr. Chandra Utami Wirawati, S.Tp., M.Si dan prodi MTMA oleh Dr. Fitriani, S.P., M.E.P. Serta tahap ketiga yaitu diskusi kelompok Prodi MTKP dan prodi MTMA dalam penyusunan Rencana Pembelajaran Semester.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %