Studium General & Matrikulasi dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)

5 0
Read Time:4 Minute, 21 Second

Sabtu 27 Agustus sd 2 September 2023.  Program Pascasarjana Magister Terapan Ketahanan Pangan (MTKP) Polinela menyelenggarakan kegiatan Studium General dan Matrikulasi bagi mahasiswa baru Angkatan Tahun Akademik 2023-2024 dalam rangka rangkaian kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru).  Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan Studium General dengan topik “Kebijakan Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung” oleh Narasumber Kepala BAPPEDA Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. bertempat di Politeknik Negeri Lampung (www.polinela.ac.id)

Rangkaian kegiatan PKKMB dimulai dengan matrikulasi yang disampaikan oleh dosen tetap program studi tanggal 27 Agustus 2023.  Materi yang disampaikan terkait dengan keilmuan bidang ekonomi pertanian dan ketahanan pangan.  Jumlah mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan matrikulasi adalah 21 orang dan 8 (delapan) dosen pemateri.  Sesi pertama disampaikan materi tentang Tinjauan Umum dan Permasalahan Ekonomi Pertanian oleh Dr. Fitriani, S.P., M.E.P. Sesi kedua disampaikan materi tentang Ketahanan Pangan dan Permasalahannya oleh Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si.  Sesi ketiga disampaikan materi tentang Tinjauan Budidaya Pertanian dan Penerapan Pertanian Berkelanjutan di Indonesia oleh Dr. Ir. Ni Siluh Putu Nuryanti, M.Si.  Sesi keempat disampaikan materi tentang Perkembangan Bioteknologi Pertanian oleh Dr. drh. Dwi Desmiyeni Putri, M.Si.  Sesi kelima disampaikan materi tentang Diversifikasi Pangan berbasis Pangan Lokal oleh Dr. Ir. Nurbani Kalsum, M.Si.  Sesi keenam disampaikan materi tentang Keamanan Pangan oleh Dr. Chandra Utami Wirawati, S.Tp., M.Si.  Sesi ketujuh disampaikan materi tentang Wawasan Budidaya Ternak oleh Dr. Ir. Yana Sukaryana, M.P. Sesi terakhir ketujuh disampaikan materi tentang Aplikasi Ilmu Statistika dalam Anaisis Kebijakan Ketahanan Pangan oleh Dr. Henry Kurniawan, S.Si., M.Stat. 

Foto bersama sebelum dimulainya kegiatan matrikulasi

Matrikulasi dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB (Rundown kegiatan terlampir).  Seluruh mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.  Meskipun seluruh mahasiswa baru berlatarbelakang ilmu pertanian (agroteknologi, ilmu pangan, teknologi produksi ternak, budidaya perikanan,  agribisnis,  agribisnis pangan, produksi dan manajemen industri perkebunan; namun matrikulasi untuk memberikan pemahaman yang sama tentang aplikasi ilmu pertanian pada Prodi Ketahanan Pangan sangat penting dilakukan.  Setiap akhir dari sesi materi diberikan tugas kepada mahasiswa untuk memgidentifikasi permasalahan dan rekomendasi penyelesaian masalah dari studi literasi.  Penugasan dilakukan secara berkelompok dengan anggota kelompok berjumlah maksimum 4 orang. 

Foto bersama setelah kegiatan matrikulasi

Rangkaian kegiatan PKKMB diakhiri dengan kegiatan Stadium General dengan topik “Kebijakan Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung” oleh Narasumber Kepala BAPPEDA Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T. bertempat di Politeknik Negeri Lampung tanggl 2 september 2023.  Kegiatan stadium general dan PKKMB dimulai dengan rangkaian kegiatan pengukuhan mahasiswa baru oleh Senat Polinel ([email protected]).   Pengukuhan mahasiswa baru ditandai dengan penyematan jaket almamter bagi mahasiswa baru oleh Ketua Senat Ir. Zainal Mutaqin, M.T.A. dan Direktur Polinela Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si.   

Jajaran Pimpina Senat dan Pimpinan Polinela
Foto Bersama Senat setelah penyematan jaket almamater mahasiswa baru

Mahasiswa Baru yang hadir berjumlah 20 orang yang lulus seleksi tertulis bidang ketahanan pangan dan wawancara serta telah mengikuti matrikulasi wawasan keilmuan pertanian dan wawasan keilmuan ekonomi pertanian.  Direktur dalam sambutannya menyatakan bahwa akan terus berkomitmen dalam berupaya menyebarluaskan kesempatan menempuh Pendidikan jenjang pascasarjana khususnya magister terapan kepada Masyarakat luas. 

Direktur Polinela Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si

Diantara upaya yang telah dilakukan untuk memperluas akses bagi masyarakat menempuh Pendidikan S2 terapan adalah dengan diterbitkannya SK Direktur Polinela No 559/PL15/KPTS/2023 tanggal 27 Juni 2023 tentang penetapan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) jalur khusus mahasiswa Program Magister Terapan Ketahanan Pangan yaitu jalur alumni Polinela; karyawan Perhiptani; dan jalur kemitraan dengan besaran SPP khusus sebesar Rp 5 juta per semester, disamping beasiswa bebas SPP bagi alumni dengan predikat nilai seleksi terbaik.  

Ketua Pengelola Pascasarjana ([email protected]) Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si. dalam laporannya menyebutkan bahwa berkat komitmen dan upaya nyata yang telah dilakukan pimpinan, animo masyarakat terhadap pendidikan jenjang S2 khususnya S2 terapan Ketahanan Pangan sejak T ahun 2020 hingga Tahun 2023 cenderung meningkat.    Dari 20 mahasiswa yang lulus seleksi tahun ini sebanyak 5 mahasiswa penerima beasiswa bebas SPP dan 15 (limabelas) mahasiswa jalur khusus.   Lebih lanjut dikatakan bahwa tahun ini  45% mahasiswa baru adalah alumni Polinela baik yang baru lulus maupun yang sudah bekerja sebagai guru, PPL, dan bekerja pada industri dan 65% adalah alumni dari Perguruan Tinggi lainnya yaitu Universitas Lampung, Stiper Darmawacana Metro, Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Negeri Yoygakarta.

Ketua Pengelola Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si.

Pada kegiatan PKKMB mahasiswa baru diperkenalkan dengan sistem penyelenggaraan pendidikan pada Prodi S2 Terapan Polinela oleh Wadir 1 dan sistem keuangan oleh Wadir 2 serta akan mendapatkan materi kuliah perdana yang akan disampaikan oleh Ir. Mulyadi Irsan, M.T. Kepala Bappeda Provinsi Lampung  yang akan memaparkan tentang Kebijakan Pembangunan Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung.    Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan sesi pengenalan ruang kelas, laboratorium dan TEFA Polinela. 

Dalam paparan materi kuliah perdana yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung dapat dilihat arah kebijakan pengembangan ketahanan pangan di Provinsi Lampung saat ini yang berfokus pada hilirisasi produk yaitu pengolahan hasil dan diversifikasi produk pangan sebagai upaya peningkatan nilai tambah produk pertanian serta berfokus pada program-program untuk  memperlancar jalur distribusi dan rantai pasok pangan. 

Narasumber Ketua Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %