KOMPARASI TATAKELOLA DAN PEMBELAJARAN PENGELOLA DAN MAHASISWA ADAKAN KUNJUNGAN KE MAGISTER TERAPAN POLSRI

1 0
Read Time:1 Minute, 59 Second

Politeknik Negeri Sriwijaya, Rabu (07/02/2024). Kegiatan kunjungan Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela ke Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Polsri merupakan kegiatan yang dalam rangka komparasi tatakelola dan pembelajaran yang diikuti oleh pengelola program pascasarjana dan mahasiswa polinela dan polsri. Diselenggarakan pada hari Rabu, 07 Februari 2024 pukul 10.30 sampai 14.00 WIB, berlokasi di ruang Pascasarjana Politeknik Negeri Sriwijaya dan dihadiri oleh pengelola pascasarjana, dosen dan mahasiswa Magister Terapan Ketahanan Pangan Polinela dan Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Polsri.

 

Rombongan Politeknik Negeri Lampung disambut oleh Ketua Program Studi Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Prof. Dr. Ir. Rusdianasari, M.Si., sekaligus memandu berjalannya kunjungan antara Polinela dengan Polsri. Acara tersebut dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pembukaan dan dilanjutkan sesi diskusi terkait tatakelola dan pembelajaran yang dilaksanakan di Polinela dan Polsri.

Wakil Direktur I bidang Akademik Carlos RS, S.T., M.T., dalam sambutannya menjelaskan bahwa Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Polsri didirikan pada tahun 2016 dan sudah meluluskan 115 wisudawan. Mahasiswa Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Polsri terdiri dari berbagai macam background dan bidang ilmu keteknikan. Saat ini, Magister Terapan Teknik Energi Terbarukan Polsri telah bekerjasama dengan berbagai mitra seperti PT. Bukit Asam untuk dapat melanjutkan pendidikan di Magister Terapan Polsri. Beliau menambahkan bahwa kunjungan antara Polinela dengan Polsri akan terus berjalan, dan akan mengagendakan untuk kembali mengunjungi Polinela dalam rangka komparasi pembelajaran terkait program studi Teknologi Pangan dan Perkebunan.

Ketua Pengelola Magister Terapan Ketahanan Pangan Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si., dalam sambutannya menjelaskan pula bahwa MTKP Polinela awal mula membuka pendaftaran mahasiswa pada tahun 2020 dan saat ini telah meluluskan 20 wisudawan. Mahasiswa MTKP pula didominasi mahasiswa yang berprofesi sebagai penyuluh dan dari beberapa profesi lain. Selain itu, MTKP telah bekerja sama dengan dinas-dinas yang terkait dengan prodi MTKP untuk melanjutkan pendidikan magister di Polinela.

Sesi pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan sesi diskusi terkait tatakelola dan pembelajaran yang dilaksanakan di Polinela dan Polsri. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada ruangan terpisah antara dosen/pengelola dan mahasiwa. Dalam forum diskusi antara pengelola serta dosen Pascasarjana Polinela dan Polsri ada beberapa topik yang dibahas yaitu meliputi pengelolaan proses pembelajaran, administrasi, komponen penilaian, kuliah praktisi dan fieldtrip, penerimaan mahasiswa baru serta mengenai tatakelola pascasarjana. Forum diskusi antara mahasiswa Pascasarjana Polinela dan Polsri membahas mengenai himpunan mahasiswa, kegiatan mahasiswa, metode pembelajaran, output/luaran tesis, komponen pembelajaran dan praktikum, serta kesan-kesan selama menjalani proses perkuliahan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %